Musrenbangdes Tahun 2019 Desa Semedo

Musrenbang adalah sebuah mekanisme perencanaan, sebuah institusi perencana yang ada di daerah dan sebagai mekanisme untuk mempertemukan usulan/kebutuhan masyarakat (bottom up planning) dengan apa yang akan diprogram pemeintah (top down planning). Idealnya pelaksanaan Musrenbang melibatkan masyarakat/stakeholder non Pemerintah mulai dari tahapan Proses, Penentuan, dan Pelaksanaan termasuk stakeholder secara bersama memikirkan bagaimana membiayai dan mengimplementasikan hasil Musrenbang. Ini bias terjadi manakala benar Pemerintah duduk secara bersama dan setara dalam memikirkan Pembangunan yang bertumpu pada kesejahteraan masyarakat kedepan.

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tahun 2019 sebagai agenda tahunan ini dihadiri oleh Unsur : BPD, RT/RW, LPMD, TP PKK, Karang Taruna, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Lembaga Seni dan Budaya, Lembaga Adat, Lembaga Agama, Bidan Desa beserta Kader  Posyandu, KPMD. Musyawarah ini juga dihadiri dari Muspika Pekuncen dan Tim Musrenbang Kecamatan Pekuncen. pada acara yang diselenggarakan di Balai Desa Semedo pada hari, Kamis (8/2/2018) ini.

Sosialisasi dan Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2017 disampaikan oleh Nasirin Panca Kurnia selaku Sekretaris Desa. Beliau menyampaikan Dasar dan Tujuan diadakanya Musrenbangdes sekaligus melaporkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan didanai dari APBDes tahun 2018.

Dalam sambutannya, Herlina Wijayanti Kepala Desa Semedo menyampaikan kepada peserta musyawarah untuk menyampaikan usulan pembangunan di masing – masing wilayah dusun yang telah dikaji pada musdus dan dikaji ulang pada musrenbangdes supaya masuk di prioritas pembangunan Tahun 2019.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Pekuncen, Tursiman enyampaikan bahwa musrenbang merupakan proses perencanaan pembangunan desa yang harus dilaksanakan untuk dilaporkan ke kecamatan dan dilanutkan pengentrian data usulan di eplanning Bappedalitbang Kabupaten Banyumas

Musrenbangdes 2019 yang dipandu oleh Karso selaku Ketua BPD berakhir pada pukul 14.00 WIB dengan memperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Pemeliharaan Aspal Jalan Kadus I;
  2. Pelebaran Jalan Kadus 2;
  3. Pengaspalan Jalan Kadus 2;
  4. Pembangunan Talud Jalan Lingkungan RT 001 S/D 2 rw 01
  5. Pembangunan Kali Damin
  6. Sumur Bor RW 1 dan RW 3
  7. Pembangunan Jembatan RT 005 RW 03;
  8. Pembangunan Talud Jalan Lingkungan RT 004 s/d 006 RW 03;
  9. Pembangunan Dapur Sehat 6 unit;
  10. Pembangunan RTLH 12 unit;
  11. Pembangunan Pintu Gerbang Kampung KB;

Selanjutnya dipilih tim delegasi yang akan membawa dua usulan itu diajang Musrenbangcam, yang terdiri dari lima unsur yaitu :

  1. Herlina Wijayanti ( Kades)
    2. Karso (BPD)
    3. Akhmad Sobirin (LPMD)
    4. Mukhlisin (Tomas)
    5. Sumiyati (TP PKK)
    6. Nur Anggraini Susanti (KPMD)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan