Launching BUMDes Karya Muda Widjaya Berlangsung Meriah

Pengguntingan pita oleh Kepala Desa Ibu Herlina Wijayanti

Launching BUMDes Karya Muda Widjaya Desa Semedo ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Desa Semedo Herlina Wijayanti didampingi Direktur BUMDes Akhmad Sobirin dan disaksikan Kasi Kesejahteraan Kecamatan Pekuncen Agus Gimiarso serta Babimsa dan Babinkamtibmas Kecamatan Pekuncen di area Unit Jets Pos dan Unit E-Warong pada Senin (5/3) kemarin. Walaupun acara pengguntingan pita dibarengi dengan guyuran hujan, akan tetapi acara berlangsung khidmat. Selesai pengguntingan pita, dilanjutkan dengan kunjungan ke Jets Pos dan E-Warong tersebut.

 

Kedua unit BUMDes ini mempunyai peran penting untuk melayani kepentingan masyarakat. Pembayaran rekening listrik, pembelian pulsa listrik dan HP, pembelian tiket kereta api, kapal dan pesawat, pembayaran ajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan pelayanan pos lainnya adalah beberapa jenis layanan Unit Jets Pos yang dipimpin oleh Jatmanto. Sementara dari Unit E-Warong yang diketuai Khaerudin ini melayani penerimaan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) yang menyediakan Sembako seperti beras, telur, minyak. Untuk kepentingan perkantoran unit ini menyediakan barang – barang berupa Alat Tulis Kanto (ATK).

Direktur BUMDes Karya Muda Widjaya dalam presentasinya

Sebelum launcing yang ditandai pengguntingan pita dilaksanan, terlebih dulu dilaksanakan acara seremonial di Balai Desa Semedo. Direktur BUMDes Karya Muda Widjaya Akhmad Sobirin yang tidak henti-hentinya dalam menginspirasi anggota dan selalu berusaha untuk menggali potensi desa kelahirannya ini memperkenalkan BUMDes, visi misi BUMDes, dan tujuan BUMDes.

 

 

 

Dalam paparannya Akhmad Sobirin menyampaikan, BUMDes terdiri dari beberapa unit, yaitu :

  1. Unit Jets Pos

Unit ini diketuai oleh Jatmanto yang melayani mayarakat berupa pembayaran rekening listrik, pembelian pulsa listrik dan HP, pembelian tiket kereta api, kapal dan pesawat, pembayaran ajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan pelayanan pos lainnya

 

 

  1. Unit E-Warong

Unit ini diketuai oleh Khaerudin yang melayani masyarakat sebagai penyedia dan penyaluran Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) yang menyediakan Sembako seperti beras, telur, minyak. Untuk kepentingan perkantoran unit ini menyediakan barang – barang berupa Alat Tulis Kanto (ATK), dan lain – lain.

 

 

  1. Unit Pariwisata

Unit yang diketuai Mujirin ini berusaha untuk menampilkan suasana alam menjadi lebih indah dan dijadikan untuk wahana pendidikan alam sesuai dengan namanya yaitu Nampar Forest Education. Penampakan alam berupa hutan dan terdapatnya sebuah curug ini menambah indahnya pemandangan di lokasi tersebut. Lokasi Nampar Forest Education ini terletak di RW 6 Desa Semedo Kecamatan Pekuncen dan disekelilingna adalah hutan pinus milik Perhutani wilayah KPH Barat. Diharapkan nantinya pengunjung selain refreshing juga terdapat nilai edukasi di lokasi wisata tersebut.

  1. Unit Pertanian dan Peternakan

Unit ini diketuai oleh Zainul Mutaqin yang bergerak dibidang pertanian dan peternakan. Langkah nyata yang telah dilaksanakan unit ini adalah peternakan lebah dan penggemukan ayam pedaging. Sedangkan dari pertanian masih dilaksanakan persiapan untuk bertani cabe. Rencana ke depan unit ini juga akan membuat pembibitan pohon yang berpotensi di desa.

 

 

  1. Unit Konstruksi

Unit ini berbeda dengan unit yang lain, karena unit yang bergerak di bidang konstruksi ini lebih condong ke pelayanan jasa konstruksi. Unit yang diketuai oleh Kusmono Hardi Sumaryo ini mempunyai harapan supaya ke depan pembangunan yang ada di desa akan memberdayakan masyarakat desa untuk melakukan padat karya. Inti dari unit ini adalah pemberdayaan masyarakat lokal.

Audiens menyambut baik dengan tepuk tangan yang sangat meriah setelah Akhmad Sobirin menutup paparannya.

 

Dengan adanya langkah nyata dari BUMDes Karya Muda Widjaya ini, Pemdes Desa Semedo memberikan apresiasi dengan menganggarkan penyertaan modal BUMDes di APBDes Tahun Anggaran 2018 sejumlah 200 juta rupiah. Dengan dianggarkannya BUMDes tidak sedikit, oleh karena itu diharapkan BUMDes dapat mengatur dan dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut. Selain BUMDes merupakan program pemerintah yang mewajibkan desa untuk mendirikan BUMDes, semangat muda para anggota BUMDes yang menunjukkan keseriusan dalam pengelolaan BUMDes inilah yang membuat Pemerintah Desa lebih mantap untuk melaksanakan Amanat Permendes Nomor 4 Tahun 2015 seperti yang disampaikan dalam sambutannya Kasi Pemerintahan Desa Semedo Widi Prihanto, “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi dengan semangat muda pengurus BUMDes sehingga terwujud suatu langkah nyata. Semangat inilah yang menunjukkan keseriusannya dalam pengelolaan BUMDes”.

Hal serupa juga disampaikan Kasi Kesejahteraan Kecamatan Pekuncen Agus Gimiarso, “Semangatnya yang luar biasa, sehingga Desa Semedo bisa Launching BUMDes yang pertama diantara desa yang lain, semoga BUMDes dapat berjalan sesuai dengan aturan dan berdampak positif bagi desa dan masyarakatnya”

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan