Pedagang Antusias Melaksanakan Tera Ulang Timbangan

Tera Ulang adalah pengujian kembali terhadap alat Ukur, Takaran, Timbangan dan Perlengkapannya yang dipakai dl perdagangan. Kebanyakan para pedagang sangat akrab dengan alat ukur. Setiap hari hari pedagang berteman dengan alat ukur ini. Adapun alat ukur yang banyak digunakan adalah dacin, tembor (timbangan meja), dan centisimal

Tera ulang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menormalisasi alat – alat ukur. Karena banyak terjadi dan ditemukan alat ukur yang tidak normal. Menurut Ruswan salah satu petugas teknis tera ulang, ketidak normalan alat ukur bisa disebabkan oleh pisau alat ukur yang sering bergesekan sehingga dapat menyebabkan aus pada pisau tersebut, maka jika terjadi hal demikian perlu dilakukan pengujian ulang atau tera ulang.

Desa Semedo baru kali pertama dilaksanakan tera ulang alat timbang yang pelaksanaannya di Balai Desa Semedo. Sebelumnya pelaksanaan tera  ulang ini dilakanakan di Balai Desa Cikawung. Akan tetapi dengan jumlah pedagang yang cukup banyak, maka pihak pemdes memberikan masukan supaya pelaksanaan tera ulang Pedagang Desa Semedo untuk dapat dilaksanakan di Desa Semedo. Seperti yang disampaikan Kepala Desa Semedo Herlina Wijayanti, “Dengan terlaksananya tera ulang di Desa Semedo, pedagang Desa Semedo merasa senang, karena selain dekat pedagang juga merasa diuntungkan dengan normalnya timbangan mereka” unkapnya.

Para pedagang sangat antusias mengikuti tera ulang alat ukur di Balai Desa Semedo lusa (20/7). Mereka sangat diuntungkan, karena kegiatan tersebut dilaksanakan di desanya. Karyono salah satu pedangang yang mengikuti tera ulang mengatakan, “Saya sangat senang untuk tahun ini tera ulang timbangan dilaksanakan di Desa Semedo, karena jangkauan kami lebih dekat sehingga irit untuk biaya transport” ujarnya. “Saya juga berharap untuk ke depan pelaksanaan kegiatan ini juga di dini” tambahnya sambil tersenyum.

Kegiatan tera ulang ini sudah menjadi agenda rutin tahunan Bidang Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas. Pada awalnya di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi, sekarang telah dilimpahkan ke Pemerintah Kabupaten/ Kota dalam hal ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan